Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban Uraian Uji Kompetensi Bab 6 IPA Kelas 9 SMP Halaman 50 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

Uji Kompetensi Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi
IPA Kelas 9 SMP
B. Uraian/esai/essay
Halaman 49-50
Semester 2 K13


Jawaban Uraian Uji Kompetensi Bab 6 IPA Kelas 9 SMP Halaman 50 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

B. Uraian
1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol N dan S pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!
Jawab:


_________________________________

2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya. Kompas tersebut diletakkan di dekat sebuah magnet batang seperti gambar di bawah.

Gambarkan jarum kompas pada lingkaran di bawah dan beri label kutub utara dan selatannya. Jelaskan jawabanmu menggunakan pengetahuanmu tentang magnet
Jawab:
Kutub utara jarum kompas akan menunjuk pada kutub selatan magnet, sebaliknya kutub selatan jarum kompas akan menunjuk pada kutub utara magnet.
_________________________________

3. Gambar berikut menunjukkan apa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil. Magnet X dan Y bergerak sampai bersentuhan tapi magnet Y dan Z tetap terpisah.
a. Jelaskan mengapa magnet X dan Y dapat bersentuhan?
b. Jelaskan mengapa magnet Y dan Z tetap terpisah?
Jawab:
a. Magnet X dan Y bersentuhan karena kutub yang saling berhadapan berbeda.
b. Magnet Y dan Z tetap terpisah karena kutub yang saling berha dapan sama.
_________________________________

4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Bagaimana dia menggunakan batang logam 1 untuk mencari tahu jika batang logam 2 adalah magnet?
b. Apa yang seharusnya dia amati jika batang logam 2 merupakan magnet?
Jawab:
Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Mendekatkan batang 2 ke batang 1. Caranya adalah dengan meng uji ujung-ujung batang 2 ke batang 1. Jika salah satu ujung batang 2 menolak ujung batang 1, maka dapat dipastikan batang 2 adalah magnet, karena hanya kutub magnet yang sama jenisnya yang saling tolak-menolak.

b. Gaya tolak-menolak kutub magnet yang sejenis
_________________________________

5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!
Jawab:
Kereta Maglev menerapkan prinsip gaya tolak menolak magnet serta didorong dengan menggunakan motor induksi
_________________________________

Post a Comment for "Jawaban Uraian Uji Kompetensi Bab 6 IPA Kelas 9 SMP Halaman 50 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi"